Blogger Templates

Spesifkasi kaca film yang anda harus tahu

Spesifikasi penting untuk memilih kaca film mobil

Performa kaca film (window films) dapat di telaah berdasarkan spesifikasi kaca film tersebut.
Spesifikasi kaca film (window films) umumnya dalam singkatan yg mungkin awam (tidak umum) diketahui oleh semua orang.

Untuk memudahkan membaca spesifikasi untuk kaca film untuk mobil maka dapat difokuskan pada 
spesifikasi yang penting untuk diperhatikan, sbb:

UVT (Ultraviolet Transmittance), kebalikannya UVR(Ultraviolet Reflectance)
Ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior kulit retak / pecah2, warna interior mobil memudar (fading) dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin kecil % UVT semakin baik, pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99% (UVT = 1% atau UVR = 99%)

VLT (Visible Light Transmittance)
Persentase VLT menandakan besarnya cahaya yg lewat melalui kaca film.VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, tp bukanlah sebagai ukuran % kegelapan kaca film, karena kegelapan kaca film juga dipengaruhi oleh bahan dasar kaca film tersebut. Pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5% (VLR 5%), menyerap cahaya 5% (VLA 5%) dan tembus cahaya sebesar 90% (VLT 90%).
Sebagai acuan antara VLT dg tingkat kegelapan KF sbb:
VLT 70%, kegelapan kaca film 10-15%

VLT 60%, kegelapan kaca film 15-20%
VLT 35-40%, kegelapan kaca film 30-40%
VLT 20-25%, kegelapan kaca film 60%

VLT 10-15%, Kegelapan kaca film 70%
VLT 5%, kegelapan kaca film 80%


VLT bila sudah mencapai 5% (setara kegelapan KF 80%) maka saat parkir mundur pd malam hari dg kondisi penerangan yg kurang maka akan sulit melihat spion dg jelas/leluasa. Tp tentunya VLT 5% memberikan privacy yg lebih saat siang maupun malam hari, krn tidak dapat dengan mudah orang diluar melihat ke dalam kabin.


IRR (Infra Red Reflectance/Rejected)
Infra-Red adalah radiasi panas yg dibawa oleh cahaya matahari, 
semakin besar spec % IRR semakin baik.

TSER
 (Total Solar Energy Rejected)
Persentase total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable terbesar didalam TSER.



Spec tolak panas mengacu pada spec TSER, tapi TSER tidak dapat mudah di ukur, harus melaui test lab untuk spec TSER yg valid, acuan pengukuran TSER terdiri dari beberapa variable yang secara logic dapat di telaah apakah spec yg dipaparkan logic atau tidak.
TSER secara umum adalah akumulasi bbrp variabel terdiri dari:
IRR = 50%
VLT = 40% 
UVR = 3%
Variabel lain = 7% (spt: bahan dasar, teknologi, proses pembuatan, etc)

Perlu bijak membaca spesifikasi TSER, karena tidak sedikit yang memanipulasi spesifikasi TSER sebagai marketing gimmick atau sales tools.
Spesifikasi TSER yang valid adalah TSER yang di claim berdasarkan HASIL TEST LAB lembaga pengujian internasional yang credible, Bukan TSER claim pabrikan apalagi hanya claim pemegang merk tanpa dasar hasil test lab.

Terlampir adalah kumpulan spesifikasi kaca film sbg bahan perbandingan untuk mengetahui lebih jauh akan performa yg diberikan oleh berbagai merk kaca film.


Related Terms :
dealer resmi kaca film 3m depok,dealer resmi kaca film 3m tangerang,3m auto film indonesia,dealer resmi kaca film 3m bekas,harga kaca film 3m surabaya,kaca film 3m black beauty,dealer kaca film 3m surabaya,daftar harga kaca film mobil avanza,harga kaca film v kool,daftar harga kaca film mobil solargard,harga kaca film mobil murah,harga kaca film 3m,daftar harga kaca film mobil 2016,kaca film mobil yang bagus,harga kaca film v kool untuk avanza

0 Response to "Spesifkasi kaca film yang anda harus tahu "

Post a Comment